Mengenal Kelebihan dan Keunikan Sayuran Hidroponik

Wisma Hijau — Hidroponik merupakan sistem tanam yang kini mulai digandrungi oleh masyarakat perkotaan karena telah terbukti mampu menghasilkan sayuran yang lebih sehat dan renyah. Selain dapat dilakukan di lahan sempit dengan biaya produksi relatif murah, hidroponik juga bebas dari residu bahan kimia berbahaya. Masih banyak lagi kelebihan dan keunikan hidroponik. Yuk, simak ulasannya.

Nilai gizi yang lebih tinggi

Sayuran yang dihasilkan dari hidroponik mengandung gizi yang lebih tinggi dibandingkan sayuran dari perkebunan konvensional. Bahkan, persentase nilai gizi yang terkandung dalam sayuran hidroponik sebesar 150 persen lebih bergizi.

Tidak mengandung residu bahan kimia

Pertanian konvensional biasanya akan menggunakan pupuk dan pestisida buatan berbahan kimia. Penggunaan pestisida dapat meninggalkan residu pada helai daun atau buah tanaman. Berbeda dengan hidroponik, sayuran yang ditanam dengan hidroponik tidak memiliki residu bahan kimia.

Produksi lebih banyak

Berdasarkan penelitian, tomat yang dihasilkan dari hidroponik lebih banyak 18 kali dari tomat yang dihasilkan dari perkebunan konvensional. Selain itu, sistem instalasi hidroponik bisa dirangkai secara bertingkat sehingga mampu mengefisiensikan tempat, namun tetap mendapatkan sayur yang lebih banyak.

Lebih hemat air

Jika Anda beranggapan bahwa hidroponik membutuhkan air dalam jumlah banyak, Anda salah. Meskipun menggunakan air, faktanya hidroponik lebih hemat air dibanding perkebunan biasa. Penggunaan air pada sistem hidroponik hanya sebanyak 1/10 dari air yang digunakan dalam perkebunan konvensional.

Sudah dimulai sejak 1920

Jika hidroponik baru terdengar setelah 2000-an, nyatanya sistem bertanam yang menggunakan air ini sudah dimulai sejak 1920-an. Kata hidroponik digunakan oleh Dr. W. F. Gercke untuk penamaan tanaman hias gantung yang menggunakan larutan air. Lalu pada 1940, sistem hidroponik digunakan oleh tentara Amerika yang sedang terlibat perang untuk bercocok tanam di hutan sebagai sumber pakan mereka.

Sebagai bahan pangan yang sehat, sayuran hidroponik kini mulai mudah ditemui di supermarket di dekat tempat Anda tinggal. Salah satunya di Wisma Hijau yang areanya adalah lahan terbuka hijau serta memiliki kebun hidroponik sendiri. Hasil dari kebun hidroponik ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan bahan masakan katering Wisma Hijau serta dijual bebas untuk masyarakat sekitar.