5 Tips agar Team Building Berjalan dengan Sukses

Wisma Hijau — Manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain, begitu pun dalam dunia kerja. Jika pada masa sekolah kita dapat memilih sendiri ingin bergaul dengan siapa, hal itu tidak berlaku di dunia kerja. Kita harus dapat bekerja sama dengan orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan. Tentunya, orang lain itu mungkin Anda belum kenal atau sifatnya berbeda dengan Anda. Agar kerja sama berjalan dengan baik, maka diperlukan team building secara berkala.

Team building bertujuan mendekatkan antara satu karyawan dan pekerja lain agar dapat bekerja sama dengan baik. Pasalnya, ada sebagian karyawan yang merasa sanggup bekerja sendiri atau independen sehingga tidak membutuhkan orang lain untuk melakukan pekerjaannya.

Padahal, banyak pekerjaan yang begitu luas cakupannya sehingga membutuhkan kerja sama, baik antarkaryawan maupun antarbidang atau divisi. Itulah, salah satu alasan perusahaan mengadakan team building. Sebab, memang sudah terbukti manfaat dari aktivitas ini sangat menguntungkan untuk memperbaiki kinerja perusahaan. Lalu, bagaimana caranya mengadakan team building yang baik? Berikut ulasannya.

Mengikutsertakan seluruh anggota kelompok dan mendatanya

Karyawan dalam satu perusahaan memiliki rentang umur, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan yang berbeda-beda. Tidak semua aktivitas team building dapat dilakukan oleh seluruh anggota. Agar kegiatan menjadi efektif, adakan kegiatan-kegiatan yang mampu diikuti oleh seluruh peserta.

Ciptakan persaingan yang sehat antartim

Kegiatan ini akan menimbulkan persaingan antara satu kelompok dan kelompok lain. Persaingan boleh-boleh saja, asalkan jangan sampai menimbulkan efek tidak baik pasca-acara berlangsung. Misalnya, timbul rasa minder dan marah ketika acara selesai. Buatlah acara sesantai mungkin agar seluruh peserta, baik yang menang maupun kalah tetap merasa bahagia.

Kegiatan yang bermanfaat

Meskipun kegiatan ini bersifat santai, buatlah team building semakin bermanfaat, jangan hanya diisi dengan kegiatan bersenang-senang. Pillihlah aktivitas yang dirasa mampu membawa manfaat untuk meningkatkan kinerja, seperti melatih gerak motorik atau mengadakan kuis seputar perusahaan.

Tempat yang nyaman

Tempat merupakan faktor yang sebenarnya penting, tetapi sering kali tidak disadari. Saat tempat yang dipilih unik dan nyaman, kegiatan team building akan memberikan kesan tersendiri di hati peserta. Misalnya seperti di Wisma Hijau, siapa sangka di tengah hiruk pikuk Kota Depok terdapat gedung pertemuan yang memiliki areal dengan luas sepertiganya merupakan area terbuka hijau.

Tempat ini dapat mendukung seluruh aktivitas acara, seperti adanya lapangan badminton, gazebo di taman tempat bersantai sembari menikmati teh hangat, dan berbincang bersama kolega kerja. Tempat yang nyaman mampu merileksasikan diri para peserta sehingga lebih bersemangat menjalani aktivitas.

Menciptakan manfaat bagi para karyawan Acara yang sukses merupakan acara yang dapat memberikan dampak langsung kepada pribadi karyawan. Kedekatan yang berlangsung di lokasi acara dapat menumbuhkan rasa keakraban dan kerja sama yang baik