3 Fakta Udara Sejuk Meningkatkan Kreativitas

Wisma Hijau — Apa yang Anda lakukan ketika sudah tidak dapat berpikir dengan jernih, sedangkan Anda tetap diharuskan menghasilkan ide yang kreatif? Salah satu cara yang paling mudah dilakukan adalah bangkit dari kursi, lalu menyeduh kopi.  Steve Jobs, co-Founder Apple sering menyempatkan berjalan ke tempat meeting agar dapat menghirup udara sejuk, dan faktanya udara sejuk dapat meningkatkan kreativitas dan merupakan booster yang paling ampuh.

Setidaknya ada 3 fakta bahwa udara sejuk mampu meningkatkan kreativitas seseorang.

Berjalan kaki mampu meningkatkan kreativitas

Selain Steve Jobs, Mark Zuckerberg pendiri Facebook juga sering berjalan kaki menuju tempat meeting. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan Stanford, kreativitas dapat meningkat saat seseorang berjalan dan setelah melakukan perjalanan tersebut.

Perjalanan tersebut tidak perlu dilakukan dalam jangka waktu yang lama hingga berhari-hari. Cukup dengan menempuh perjalanan menuju tempat meeting dengan berjalan kaki, hal tersebut sudah dapat membantu otak Anda untuk berpikir.

Terlebih lagi, jika jalur yang Anda lalui adalah tempat yang asri. Seperti di Wisma Hijau, tempat meeting yang memiliki konsep hijau rimbun pepohonan, sepertiga dari luas wilayah Wisma Hijau merupakan area terbuka hijau dengan udara yang sejuk. Tentunya, sangat baik untuk me-refresh pikiran dan menghasilkan ide-ide kreatif.

Lebih baik me-refresh pikiran di alam terbuka

Berdasarkan studi yang telah dilakukan oleh Standford, penelitian dilakukan kepada 176 mahasiswa untuk mengerjakan tugas yang sama. Sebagian mahasiswa dibiarkan berjalan di dalam gedung bahkan berolahraga dengan treadmill. Sebagian lainnya dibiarkan berjalan di luar ruangan dan duduk di taman sebelum mengerjakan tugas.

Hasilnya, 100 persen mahasiswa yang berjalan-jalan di luar ruangan dapat mengerjakan tugas tersebut dengan kualitas yang baik. Selain dapat menghirup udara sejuk, berjalan di luar ruangan dan memandangi pepohonan yang hijau mampu merelaksasi pikiran menjadi tidak tegang. Jika sehari-hari hanya menyaksikan dinding atau tembok, pandangan mata menjadi cenderung monoton.

Alam mampu mengurangi kelelahan dalam berpikir

Salah satu penyebab terhambatnya kreativitas adalah otak yang sudah mulai lelah bekeja. Apalagi saat ini manusia sudah hidup di era teknologi yang menyebabkan seluruh perhatian kita terpusat pada teknologi. Sayangnya, otak manusia tidak didesain untuk menerima segitu banyaknya informasi yang begitu mudah didapatkan melalui internet dan akhirnya membuat otak menjadi lelah. Jika sudah terjadi, Anda butuh mengistirahatkan pikiran.

Banyak ilmuwan yang memercayai bahwa alam merupakan obat yang paling mujarab untuk mengistirahatkan otak manusia yang sudah lelah sehingga mampu digunakan kembali untuk menemui ide kreatif. Jadi, jangan paksakan otak untuk terus berpikir, keluarlah sebentar melihat pemandangan yang asri sembari menikmati kopi di gazebo dan Anda bisa melakukan hal tersebut di Wisma Hijau.